Senin, 23 April 2018

Cara Mengatasi Bercak Putih di Puting Susu yang Terlihat Seperti Jerawat

Munculnya bintik atau bercak putih di puting susu mungkin akan membuat Anda khawatir. Terkadang bintik-bintik ini membuat area payudara Anda sakit atau nyeri. Sebenarnya apa penyebab munculnya bintik-bintik atau bercak putih di sekitar puting payudara ? Simak ulasan kami dibawah ini.

Penyebab

  • Kehamilan
Perubahan hormon selama kehamilan dapat menyebabkan kelenjar ini membesar. Namun, kondisi ini bisa juga terjadi saat seorang wanita tidak hamil atau menyusui. Perubahan hormon lainnya dapat menimbulkan hal yang sama pada puting susu Anda. Penyebab perubahan hormon wanita yang paling umum antara lain siklus menstruasi, minum pil KB, atau memasuki masa menopause.

Cara Mengatasinya :
Kondisi ini umumnya akan kembali normal begitu kadar hormon Anda juga sudah stabil. Akan tetapi, bintik-bintik ini tidak boleh dipencet karena ini dapat menyebabkan infeksi.
  • Pori - Pori Tersumbat
Saat menyusui, tekanan yang diberikan bayi untuk mengisap puting biasanya akan menghilangkan sumbatan. Namun, jika sumbatan tidak hilang, Anda bisa mengalami infeksi payudara yang disebut dengan mastitis. Lepuhan susu dapat menimbulkan bintik atau bercak putih di puting susu Anda, yang bisa sangat menyakitkan seperti terasa tertusuk. Lepuhan ini bisa berwarna kuning muda atau merah jambu, dan kulit di sekitarnya berubah menjadi merah.


Cara Mengatasinya :
    • Kompres air hangat payudara Anda sebelum menyusui secara menyeluruh.
    • Arahkan bayi untuk menyusui dari payudara yang pori-pori putingnya tersumbat terlebih dahulu.
    • Minum obat pereda nyeri (acetaminophen atau ibuprofen), untuk mengurangi ketidaknyamanan.
Ketika tumbuh kulit di atas pori-pori puting dan lepuhan susu, perawatan di atas mungkin tidak selalu berhasil untuk membuka pori-pori yang tersumbat. Maka kami sarankan untuk berkonsultasi dengan dokter kepercayaan Anda serta komunikasikan dengan suami Anda
  • Herpes
Virus Herpes juga ternyata bisa menyerang payudara Anda, bukan hanya mulut dan kelamin. Biasanya, herpes di payudara berpindah ke ibu dari bayinya yang baru terinfeksi selama menyusui. Herpes tampak seperti benjolan kecil yang dipenuhi cairan dan kemerahan pada puting. Ketika benjolan sembuh, mereka membentuk scabs. Bayi Anda mungkin memiliki benjolan yang sama pada kulit mereka.

Cara Mengatasinya :
Jika Anda yakin bahwa ini adalah gejala virus herpes sebaiknya segerakan diri untuk memeriksa payudara Anda ke dokter dan mendapatkan diagnosisnya. Umumnya, dokter akan menyarankan Anda dan bayi minum obat antivirus selama sekitar seminggu untuk membersihkan infeksi. Selain itu, pompa ASI juga perlu dilakukan sampai bintik-bintik putih hilang.

Terimakasih telah membaca Artikel ini, semoga bermanfaat...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar